Jumat, Juni 27, 2008

Menteri sontoloyo dari Partai mana?

Dampak demo mahasiswa yang anarki di depan gedung DPR RI dan jalan Sudirman depan kampus Unika Atmajaya tanggal 24 Juni lalu masih terasa hingga kini, selalin menyisakan puing mobil yang dibakar dan ditahannya sejumlah pendemo di Mapolda Metro Jaya, ada satu hal yang menarik untuk disikapi adalah pernyataan dari Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Syamsir Siregar yang menyebut dalang demo anarkis berinisial FY hingga menteri kabinet yang sontoloyo.

Kita mengetahui aksi demo akhir-akhir ini dipicu oleh kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM pada akhir Mei lalu,banyak tudingan yang dilontarkan mengenai aksi demo tersebut, tapi tudingan Kepala BIN ini yang sangat menarik untuk diselusuri, karena menyangkut menteri di kabinet SBY-JK saat ini. Memang tudingan menteri sontoloyo yang dilontarkan Syamsir Siregar tidak menunjuk hidung dari menteri yang bersangkutan, tapi menyatakan menteri tersebut yang berasal dari parpol prndukung pemerintah saat ini.Disebutkan Syamsir menteri tersebut disaat rapat kabinet setuju dengan kebijakan pemerintah untuk menaikkan BBM tapi ternyata di DPR menyatakan sebaliknya.

Jika kita mengurut pernyataan KaBIN tersebut ada 17 menteri yang berasal dari parpol di kabinet SBY-JK, sebut saja Aburizal Bakrie, Fahmi Idris,Paskah Suzetta dan Andi Mattalatta dari Partai Golkar, Taufiq Effendi dan Jero Wacik dari Partai Demokrat,Anton Apriyantono, Yusuf Asyari dan Adhyaksa Dault dari PKS, Suryadharma Ali dan Bachtiar Chamsyah dari PPP, Hatta Rajasa dan Bambang Sudibyo dari PAN, Erman Suparno dan Lukman Edy dari PKB serta MS Kaban dan Meutia Hatta dari PBB dan PKPI.
Apakah satu dari menteri tersebut diatas menteri yang sontoloyo, kita lihat saja nanti apa ada menteri yang protes dengan pernyataan keras dari Ka BIN tersebut.

Bola panas terus bergulir seiring diloloskannya hak angket pada sidang paripurna DPR selasa lalu,wacana untuk segera mengkaji ulang keberadaan koalisi parpol pendukung pemerintah.Karena koalisi terkesan tidak memiliki komitmen kebersamaan dalam mendukung pemerintah. Apakah ini bertanda perpecahan di kabinet SBY-JK? ataukah ini manuver sebelum menuju pilpres 2009? Allahu Alam.

MP-27-06-2008-

2 komentar:

Anonim mengatakan...

di kabinet SBY-JK ini hampir semua menteri sontoloyo, kok bung Syamsir Siregar baru ngeh sekarang sih,,,menteri2 ekonomi yang sontoloyo pertama2 ...liat aja programnya tidak jelas smua

Anonim mengatakan...

Tidak sepantasnya Kepala BIN mengeluarkan pernyataan yang menuding menteri,seharusnya jika memeng benar tuduhan itu benar, kepala BIN bisa menyampaikannya secara tertutup ke presiden, bukan ke publik begini, karena bisa membuat polemik ditingkat elite..lebih beretikalah pejabat negara sekelas pak Syamsir ini.